Entri yang Diunggulkan

Jual Sarung Cover Selimut Mobil dan Motor Murah Berkualitas

Bismillahirrahmanirrahim . . . Assalamualaikum Wr. Wb. SAWAWA COVER


Ini Contoh-Contoh Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hak Kekayaan Intelektual

Anda tahu HAKI? Di anime One Piece juga ada kalau nggak salah :D, tapi HAKI yang saya maksud disini bukan itu, HAKI disini ialah Hak Atas Karya Inteletual. Loh, apa itu gan? Okedeh saya bahas:

Kekayaan Intelektual atau Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Hak Milik Intelektual adalah padanan kata yang biasa digunakan untuk Intellectual Property Rights (IPR) atau Geistiges Eigentum, dalam bahasa Jermannya[1]. Istilah atau terminologi Hak Kekayaan Intelektual (HKI) digunakan untuk pertama kalinya pada tahun 1790. Adalah Fichte yang pada tahun 1793 mengatakan tentang hak milik dari si pencipta ada pada bukunya. Yang dimaksud dengan hak milik disini bukan buku sebagai benda, tetapi buku dalam pengertian isinya.[2] Istilah HKI terdiri dari tiga kata kunci, yaitu Hak, Kekayaan, dan Intelektual. Kekayaan merupakan abstraksi yang dapat dimiliki, dialihkan, dibeli, maupun dijual.

Masih bingung yah? Oke ini beberapa contoh pelanggarannya gan:

Dengan berkembangnya teknologi, apapun yang kita lakukan sekarang jadi mudah. sepakat kan gan? Nah, terkadang perkembangan teknologi juga memiliki sisi negatif, misalnya saja soal pelanggaran HKI. Penetrasi internet, misalnya, membuat agan-aganwati sekalian jadi semakin mudah untuk mengunduh lagu-lagu MP3 secara ilegal, karena banyaknya situs berbagi yang bisa agan-aganwati manfaatkan.

Selain mengunduh MP3 secara ilegal, pelanggaran HKI apalagi sih yang mungkin terjadi sehari-hari? Cekidot gan.

1. Mengunduh Film
Agan dan aganwati mungkin sering mengunduh film dari internet, baik film lokal maupun. Sebenernya, boleh gak sih kegiatan ini dilakukan?

Terkait hal itu, kita bisa liat ke Pasal 2 ayat (1) UU Hak Cipta, yang menyatakan, hak cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya.

Apakah film termasuk hal yang dilindungi oleh UUHC? Berdasarkan Pasal 12 ayat (1) huruf k UUHC, salah satu ciptaan yang dilindungi adalah sinematografi, termasuk film dokumenter, film iklan, reportase, atau film cerita, dan film kartun yang dapat dibuat dalam media yang memungkinkan pertunjukan di bioskop, layar lebar, televisi, atau media lainnya.

Karena film dilindungi oleh UUHC, maka perbanyakan film harus dilakukan seizin pencipta atau pemegang hak cipta. Jika mengunduh film dilakukan tanpa izin, maka termasuk pelanggaran hak cipta dan dapat dikenakan sanksi pidana. 

Lebih lengkapnya:
Ancaaman Hukuman Bagi Pengunduh Film Bajakan

2. Menyanyikan Lagu Orang Lain (Cover Version)
Ini yang sering kita lihat, Gan. Di situs seperti Youtube kita temukan banyak orang yang menyanyikan lagu orang lain atau yang dikenal dengan istilah dengan cover lagu. Bahkan penyanyi aslinya pun jadi kalah tenar sama orang yang meng-cover lagunya. Meskipun dalam cover lagu tersebut dicantumkan penyanyi aslinya, apakah cover lagu tetap dikategorikan pelanggaran hukum? 

Dalam perlindungan hak cipta atas musik, dibedakan antara komposisi musik/lagu (music composition) dan rekaman suara (sound recordings). Hak cipta pada sebuah rekaman suara tidak dapat disamakan dengan, atau tidak dapat menggantikan hak cipta pada komposisi musiknya yang menjadi dasar rekaman suara tersebut. Dalam UU Hak Cipta, perlindungan hak cipta atas komposisi musik disebut pada Pasal 12 ayat (1) huruf d UU Hak Cipta, sementara perlindungan hak cipta atas rekaman suara disebut pada Pasal 49 ayat (1) dan (2) UU Hak Cipta.

Untuk lagu-lagu cover yang diciptakan untuk tujuan komersial, pencantuman nama penyanyi asli saja pada karya cover tentu tidak cukup untuk menghindari tuntutan hukum pemegang hak cipta. Agar tidak melanggar hak cipta orang lain, seseorang perlu memperoleh izin (lisensi) dari pencipta/pemegang hak cipta sebagai berikut:
1. Lisensi atas Hak Mekanikal (mechanical rights)
2. Hak Mengumumkan (performing rights)

Selengkapnya:
Apakah Menyanyikan Ulang Lagu Orang Lain Melanggar Hak Cipta?

3. Mengunggah Lagu Ke Internet
Agan yang suka meng-upload lagu ke internet sepertinya harus berhati2 nih. Walaupun agan gak bermaksud mencari keuntungan dari pengunggahan trsebut, agan bisa terancam terjerat sebagia pelanggar hak cipta.

Kok bisa begitu? Jadi begini gan, hak cipta adalah hak eksklusif pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaan atau memberikan izin untuk itu. 

Sedangkan pengumuman sendiri berdasarkan UU Hak Cipta artinya adalah pembacaan, penyiaran, pameran, penjualan, pengedaran, atau penyebaran suatu Ciptaan dengan menggunakan alat apa pun, termasuk media internet, atau melakukan dengan cara apa pun sehingga suatu Ciptaan dapat dibaca, didengar, atau dilihat orang lain.

Jadi walau agan melakukan pengumuman tidak untuk mencari profit, namun tindakan itu merugikan kepentingan ekonomis yang wajar dari pemegang hak cipta, maka agan dapat dianggap melanggar hak cipta. Ancaman sanksinya seperti diatur dlm Pasal 72 UU Hak Cipta adalah penjara antara 1 bulan hingga 7 tahun dan/atau denda paling antara Rp1 juta sampe Rp5 miliar.

Sumber:
1. Aspek Hukum Unggah Lagu di Internet
2. Pembajakan Lagu.
3. Aspek Hukum Unduh Lagu di Internet.
4. Apakah Melanggar Hukum Jika Mengubah Bentuk Kaset Menjadi MP3?

4. Membuat Kaos Berlogo Band Terkenal
Logo band terkenal itu sebenarnya termasuk sebagai karya yang dilindungi oleh UU Hak Cipta gan. Berdasarkan UU Hak Cipta, logo band terkenal termasuk sebagai karya yang memiliki nilai seni, gambar dan potret, merupakan karya-karya yang dilindungi Pasal 12 UU Hak Cipta. Perlindungan ini diberikan secara otomatis tanpa mensyaratkan pemiliknya mendaftarkan di Ditjen HKI.

Karenanya, untuk memakai logo, gambar atau potret band musik secara legal, agan-aganwati wajib dapetin lisensi dari pemiliknya walaupun logo, gambar atau potret yang ingin dipakai tidak terdaftar di Ditjen HKI.

Selengkapnya:
Hukum Membuat Kaos dengan Logo atau Gambar Band Terkenal

nah, itu dia gan, pelanggaran HKI yang mungkin agan-aganwati sehari-hari lakukan.


0 Response to "Ini Contoh-Contoh Pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual"

Posting Komentar

Bengkel Las Sawawa Teknik

About Me

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Followers